Ini Lho … 8 Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Mau tau jenis kucing peliharaan apa saja yang menjadi favorit para cat mania di Indonesia?

Yuk, kita coba telusuri kucing apa saja sih yang menurut banyak orang itu adalah jenis yang paling populer, dan karena apa ya bisa sepopuler itu?

Kita mulai …

Jenis Kucing Peliharaan Paling Populer di Indonesia

Kucing Kampung atau Kucing Lokal

Kucing Lokal Lagi Melotot

Kamu pasti sering nemuin kucing kampung disekitar tempat tinggal kamu kan? Nah, kucing-kucing ini sebetulnya liar akan tetapi cukup mudah untuk dijinakkan.

Selain mudah untuk di ajak bermain dan bersosialiasi, kucing kampung juga cukup mudah perawatannya.

Untuk memilikinya, kamu ngga perlu keluar uang terlalu banyak untuk perawatan bulu dan sebagainya.

Ngga seperti kucing-kucing ras dengan bulu panjang yang bobo nya aja harus di tempat dingin alias pake AC… Kalah aku … 🙁

Kenapa jenis kucing kampung ini jadi favorit dan banyak orang yang pelihara mereka di Indonesia? Karena beberapa alasan dibawah ini:

Banyak kucing-kucing kampung yang bercampur dengan kucing ras, yang kadang-kadang punya bulu dengan corak warna yang sangat indah.

Kucing kampung favorit deh buat aku.

Tapi kalau kamu mau mengadopsi kucing kampung, hati-hati ya teman. Karena kucing kampung itu adalah hewan liar yang tidak bertuan.

Harus betul-betul diperhatikan dulu apakah ia terjangkit penyakit atau tidak.

Selanjutnya,


Kucing Persia

Kucing Persia Belo

Salah satu jenis kucing ras yang paling di minati di Indonesia.

Kucing Persia, yang sudah turun temurun bisa ditemukan dihampir setiap negara ini memiliki ciri khas tersendiri seperti:

Jenis kucing ini adalah murni kucing peliharaan karena mereka sangat ramah bahkan kepada orang asing.

Waduh! Kalau ada maling gimana ya? Disuruh masuk kali malingnya? Saking ramahnya … 😀

Kegiatan kucing Persia dewasa sangatlah monoton, jarang gerak, dan banyak bobo. Dia sangat penyayang, dan bersahabat yang membuat jenis kucing ini menjadi favorit kedua versi pussmeong.


Kucing Anggora

Kucing anggora putih bersih caep

Kucing Anggora atau si putih yang gemesin ini adalah jenis kucing favorit dan populer berikut veri pussmeong.

Kucing berbulu putih yang berasal dari Turki ini sudah banyak di budidayakan oleh para breeder di Indonesia.

Kucing Anggora adalah jenis kucing yang selalu aktif, selalu menyempatkan dirinya untuk bermain.

Bukan cuma anak kucingnya saja, yang dewasa pun sering terlihat ikutan bermain-main dan sangat aktif.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan banyak orang jatuh cinta dengan ras ini:

Tapi sayangnya, saat ini sudah banyak kawin silang antara Anggora dan jenis lain yang membuat keaslian dari anggora itu tidak unik lagi.

Aduh, semoga gak sampai rusak ya keaslian dari kucing Anggora karena banyaknya kawin silang oleh pihak-pihak yang gak bertanggung-jawab.

Berikutnya …


Kucing Persia Himalaya

Kucing Persia Himalaya males-malesan

Jenis kucing imut hasil persilangan antara kucing Siam dan kucing Persia ini sangatlah digemari oleh para pencinta kucing.

Ciri-ciri kucing Persia Himalaya ini adalah sebagai berikut:

Kucing Persia Himalaya bukan merupakan tipe kucing yang suka berpetualang keluar daerah kekuasaannya.

Oleh karena itu, kalau kamu punya kucing jenis ini dirumah, ada baiknya untuk jaga dia selalu didalam rumah saja.

Jangan sampai dia keluar rumah karena berbahaya kalau sampai berinteraksi dengan hewan lain.


Kucing Russian Blue

Russian Blue kittens on the go

Kucing dengan penampilan yang elegan, mempunyai sifat yang setia dan bersahabat.

Jenis kucing ini memiliki ciri-ciri seperti:

Kucing ini memiliki tubuh yang atletis, senang bermain dan sangat cerdas.

Tipe yang sangat cocok untuk keluarga.

Next …


Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon bulu tebal abu-abu

Siapa sih pecinta kucing yang gak tau jenis kucing ini. Kucing berperawakan besar dengan bulu yang lebat ini adalah salah satu jenis kucing favorit.

Berat badan Maine Coon atau yang biasanya dipanggil dengan kucing salju ini bisa mencapai 9 kg untuk yang dewasa.

Dan ukuran rata-rata kucing Maine Coon adalah 2x lebih besar daripada kucing jenis lain yang seusia dengannya.

Wah! Gueeddee banget ya.

Beberapa ciri khas kucing salju ini adalah:

Walaupun berbadan besar dan berpenampilan agak-agak serem gimana gitu…

Kucing Maine Coon adalah kucing yang sangat bersahabat. Dia bahkan bisa di latih untuk bersosialiasi dengan hewan lain.

Dibeberapa negara Eropa, bahkan kucing ini dilatih untuk berburu karena badan dan tenaganya yang besar.

Selanjutnya …


Kucing Exotic Shorthair

exotic shorthair melongo

Kamu tau Garfield kan? Si kucing m’brot yang gemesin itu?

Nah, kalo Garfield adalah versi filmnya, Exotic Shorthair adalah versi benerannya.

Kucing Exotic Shorthair dihasilkan dari persilangan antara kucing Persia dengan kucing American Shorthair.

Jenis Exotic Shorthair ini mampu mencuri hati para penggemar kucing di Indonesia bukan hanya karena muka lucunya saja. Tapi juga karena sifatnya yang sangat nge’gemesin.

Ini adalah beberapa ciri khusus dari Exotic Shorthair:

Exotic shorthair sangat senang untuk bersosialisasi, bermain dan bahkan berinteraksi dengan hewan lain.

Sifat gabungan antara Persia dan American Shorthair sepertinya berbaur dengan mengambil sifat American nya yang lebih banyak, dilihat dari senangnya dia beraktifitas.

Last but not least …


Kucing Sphynx

Kucing Sphynx Imut

Kucing yang terlihat kurus dan seperti tidak memiliki bulu ini, sebetulnya memiliki bulu sangat tipis.

Kucing ini pertama kali di kembang-biakkan di Canada pada tahun 1966.

Ciri-ciri menonjol yang ada pada kucing Sphynx ini adalah:

Sifat kucing Sphynx ini lebih mirip anjing daripada kucing karena kesukaannya bermain dengan tuannya.

Jangan salah lho guys, kucing Sphynx adalah salah satu jenis kucing dengan bandrol harga termahal.

Jadi kalau kamu bisa membudidayakan Sphynx dengan baik, kamu bisa mendapatkan hasil yang OK banget tuh guys.

Kesimpulan

Apapun jenis kucing peliharaan yang kamu pilih, semua butuh kasih sayang dan perhatian dari kamu sebagai pemiliknya.

Kalau kamu baru mau belajar untuk memelihara kucing, ada baiknya untuk mencoba dulu dengan kucing lokal atau kucing kampung.

Gimana menurut kamu?

Belia

Latest posts by Belia (see all)

(Visited 343 times, 1 visits today)

Leave a Comment